Sekitar setahun sebelum Citibank secara resmi mengakhiri bisnis kartu kreditnya di Indonesia, saya bermaksud menutup akun kartu kredit di bank tersebut.
Pertimbangannya, karena kartu kredit tersebut sudah jarang saya gunakan. Selain itu, iuran tahunannya pun tergolong lebih mahal dibandingkan bank lain. Saya sendiri sudah menjadi nasabah kartu kredit bank ini sejak tahun 2001.
Setelah mencari informasi tentang cara menutup kartu kedit Citibank, ternyata jarang yang melakukan penutupan kartu secara online via Internet. Kebanyakan artikel yang saya baca menyarankan nasabah untuk menghubungi Citiphone Officer Banking via telepon, atau datang langsung ke kantor Citibank. Berhubung saya tidak memiliki waktu untuk datang langsung ke kantor Citibank, saya memutuskan untuk menutup kartu kredit Citibank via situs web resmi Citibank. Sebagai catatan, sejak tanggal 24 Juli 2023, fitur chat di situs web Citibank telah dialihkan ke aplikasi Citibank Mobile App. Dan sejak tanggal 18 November 2023, situs tersebut sudah tidak lagi menyediakan fitur login untuk (mantan) nasabahnya.
Setelah login dan masuk ke situs tersebut, saya langung memilih fitur chat dengan customer service officer (CSO). Saya masuk ke antrean nomor 3 dan setelah menunggu beberapa menit, akhirnya saya bisa terhubung dengan CSO. Saya langsung mengutarakan maksud saya untuk menutup kartu kredit Citibank saya. Seperti biasa, CSO akan mengkonfirmasi apakah saya yakin akan menutup kartu kredit tersebut? Saya jawab dengan yakin bahwa saya memang berkeinginan menutup kartu kredit Citibank saya. CSO lalu menyatakan bahwa saya masih memiliki poin yang bisa ditukar untuk berbelanja di salah satu pasar daring (online marketplace). Saya sempat berpikir sebentar, tapi akhirnya saya putuskan untuk langsung mengajukan penutupan kartu kredit saya di saat itu juga, tanpa menunggu poin tersebut dipakai. Jadi poin tersebut otomatis hangus.
Setelah itu, CSO menjelaskan bahwa customer retention officer akan menghubungi saya dalam waktu sekitar tiga hari kerja. Jika CRO sudah menghubungi saya dan memastikan bahwa saya memang akan menutup kartu kredit saya, proses penutupan kartu akan dilanjutkan. Yang harus diingat juga adalah, sebelum menutup kartu kredit apa pun, pastikan untuk menghentikan semua pembayaran otomatis (autodebet) yang menggunakan kartu kredit, misalnya tagihan layanan Internet, tagihan asuransi dan lainnya. Jadi saat kita memutuskan untuk menutup kartu kredit, sudah tidak ada lagi tagihan di kartu kredit kita.
Beberapa hari kemudian, petugas CRO Citibank menghubungi saya untuk memastikan apakah saya memang akan menutup kartu kredit saya? Dengan cepat saya memastikan bahwa saya memang ingin menutup kartu kredit Citibank saya tanpa menunda lagi. Proses penutupan kartu pun akhirnya dilanjutkan oleh CRO.
Namun, beberapa hari setelah proses pengajuan penutupan kartu kredit ini, masih ada beberapa tawaran yang saya terima via e-mail dari Citibank. Saya lalu login kembali ke situs web Citibank untuk mengontak CSO via fitur e-mail yang disediakan. Berdasarkan e-mail tanggapan yang saya terima, saya dijanjikan bahwa e-mail tawaran ini akan berhenti secara otomatis setelah proses penutupan kartu saya selesai.
Beberapa hari kemudian saya menerima informasi via e-mail yang menerangkan bahwa saya sudah menutup kartu kredit saya di Citibank. Dan semua e-mail yang berisi aneka penawaran dari Citibank pun sudah tidak lagi saya terima. Artinya proses penutupan kartu kredit saya sudah selesai. Namun anehnya, saya masih bisa login ke situs web tersebut meskipun banyak fiurnya yang tidak lagi tersedia. Sementara jika diakses setelah tanggal 18 November 2023, situs tersebut sudah tidak lagi menyediakan menu login untuk (mantan) nasabah.
Nah itulah pengalaman saya menutup kartu kredit Citibank.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar